Kamis, 17 Januari 2013

tilang dan sidang

sebulan lalu aku kena tilang di jalan arteri dekat kota kecamatan. serombongan polisi mencegat semua sepedda motor. aku yang merasa lengkap surat dan motor terus saja jalan. memang sih aku merasa pajaknya bulan ini ( des) belum dibayar. itupun karena kebetulan pas saat itu aku pakai uang berlebih sehingga aku pikir tak apalah pajaknya nanti menyusul bulan bulan depan. kalau perlu sekalian saja nanti sekalian setahun depan.

tapi justru itulah yang jadi alasan aku ditilang. setahuku, dan juga saat baca di sebuah forum ,yang kebetulan yang memposting ada pengalaman ditilang karena belum bayar pajak motor. disana dikatakan bahwa polisi tak berhak menilang jika karena pajak belum terbayar sesuai tanggal kedaluarsa. karena ingat itulah aku santai saja terus menerobos hadangan polisi. tak dinyana  aku malah kena tilang. saat itu aku sempat ngomong sama petugas bagian surat tilang bahwa masalah ini ( pajak yg belum terbayar ) seharusnya tidak berhak ditilang. tapi polisinya mengatakan itu memang dulu begitu tapi sekarang sudah beda lagi aturannya. belum bayar pajak meski telat 4 hari tetap kena tilang.

maka jadiulah aku mendapat surat tilang dan sidang . dan tadilah aku menjalani sidang nya. kena 40 ribu :)
sambil menunggu panggilan aku perhatikan cara dan jalannya sidang. kurasa sidang ini lucu. tiap sesi dipanggil sekitar 10 orang bergantian. lucu kumaksud adalah pada hakimnya. oh ya hakimnya pas wanita setengah baya. kelucuannya adalah saat bu hakim memnaggil 'terdakwa' satu persatu dan  duduk di kursi pesakitan. nah saat dipanggil itulah sering bu hakimnya entah tak memperhatikan atau karena saking sudah terbiasanya sehingga mudah 'menyepelekan' . sang 'tersangka' belum juga pantatnya enak duduk di kursi, hakimnya sudah main ketok palu sambil mengatakan kesalahan dan dikenai denda sekian........

aku membatin , kalau begitu modelnya bukannya lebih baik sekali panggil dan ketok palu 10 orang sekalian. jadi hakimnya tinggal ngomong no urut 1 hingga 10 kena denda sekian rupiah masing masing dengan kesalahan yang tertulis . hehehe........


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu kawan. makasih ya sudah mampir....