Selasa, 15 Januari 2013

Chrom vs Maxthon

sejak pertama keluar aku adalah pengguna produk google chrome. secara umum aku puas dengan pemakaiannya. ya kecepatannya, tentu saja. meski memang dalam versi versi sebelumnya kadang sekali dua kali suka crash , hang tp itu pun kukira ada pengaruh nya dengan pemakaian komputer yang multitasking. bahkan aku suka pakai komputer dengan  membuka lebih dari 3 program sekaligus. ambil contoh kadang aku pakai photoshop berbarengan lagi buka window player atau kadang pake VLC player lalu juga sambil ngetik di word atau excel dan diselingi ngeprint, juga sambil download film di beberapa situs penyedia film gratisan semacam ganool,cinema 3 satu ,download film baru dan lainnya dgn memakai IDM. nah apa ga berat tuh tugas kompi dgn spek hanya dual core? hehehe...

lalu suatu hari sekitar 5 bulan lalu aku ketemu browser yang sekilas tampilannya mirip chrom. namanya MAXTHON. cepat juga kadang untuk versi chrom sebelumnya , aku merasa masih kalah dengan maxthon ini. sekarang sih aku sudah pake CHROM terbaru versi stabel. jauh lebih cepat dan stabil dengan versi sebelumnya.  untuk maxthon sendiri aku jg pakai yg versi terbaru ,versi 4. rilisnya januari ini.

nah dalam pemakaiannya kukira dua browser ini saling membenci ya. pertama pakai maxthon aku coba pakai untuk default kompi. eh ternyata ikon chrom di pin menu diganti lgsung oleh maxthon. ikon chromnya hilang . nah aku kan biasa tuh buka program kompi yg utama lewat pin menu. maknya pertamanya bingung kemana chromnya kok ngilang. rasanya jg ga pernh men delete atau me remove. saat itu aku sungguh belum ngeh, kenapa begitu. belakangan aku baru sadar saat kembalikan default browser pakai chrom. begitu tekan ok, ikon chrom lagsung muncul lagi mengganti ikon maxthon. maxthon sendiri sebelumnya sudah ada  paling bawah. membuktikan keheranannku maka aku kembalikan lagi default browser ke maxthon dan kuliatin di pin menu. ternyata begitulah adanya. meskipun maxthon sudah kuberikan ikonnya di PIN Menu tapi dia tetap mengganti ikon CHROM. padahal kala kuganti balik defaultnya pakai Chrom , browser buatan google ini ga ada tuh ganti ikonnya maxthon. nah itulash yg kukatakan kedua browser ini saling membenci hehehe...

sekarang soal fitur. secara umum keduanya sama sama memuaskan karena beberapa fitur pendulungnya. kita bisa meng customisasi suesuai selera misal soal background. soal extensi tentu keduanya mendukung penuh. hanya saja dalam hal ini chrom lebih unggul dengan banyaknya extensi yang tersedia. tapi beberpa kelebihan maxthon yang tidak dipunyai chrom secara default seperti: layar bisa di bagi dua. jadi kita bisa melihat dua layar sekaligus. lalu ada fasilitas snap tool gambar dan video lanmgsung dari browsr, lalu ada fitur night mode (tampi;lannya hitam dgn font kuning ) lalu defaultnya sdh berisi pilihan untuk melihat kec upload dan download atau pemakaian CPU,atau kita bisa memperlihatkan IP lokal atau IP publik dan kemampuan memperlihatkan pemakaian memory RAM. masih ada beberapa yang rasanya belum saya sempat eksplore. dalam hal ini chrom harus mengakui keunggulan maxthon.

memang sih secara tampilan maxthon begitu rame tp itu tak mengurangi kecepatan bootingnya. meski dalam hal keceapatan harus kukatakan masih kalah dgn versi chrom ygy kupakai. satu hal yang tidak kusukai di maxthon ini adalah ketak mauannya menuruti perintah !.

di maxthon ini ada beberapa pilihan browser tersedia sebagai defaultnya. selain google ada bing kepunyaan microsoft,yahoo,yandex (aku tak tahu ini buatan apa ) lalu amazon, baidu (china) dan ask. ini semua bisa di remove jika kita misalnya hanya memilih satu saja. misal aku hanya pilih google. nah saat itulah aku suka sebal karena lebih seringnya bing yang muncul. setingan yang sudah kubuat ternyata berubah sendiri sehingga begitu buka tab baru selalu muncul browser BING. jdilah aku harus seting ulang lagi untuk memastikan google yang terpakai.

begitulah, anda sudah pernah mencobanya? atau hanya baru cobb chrom? jika belum tak ada salahnya kompi anda diisi lebih dari satu browser sebagai pilihan. aku sendiri pakai chrom disampaing juga instal maxthon. juga ada  Mozila Fox v 18( rilis des 12 ). tp mozila ini aku biasanya pakai hanya sewaktu waktu. kukira mozila masih belum jadi pilihan utamaku meski tampilannya sekarang sudah mendekati chrom. itupun kita harus customisasi sendiri. karena defaultnya masih dengan ribetnya bar bar menu yang saling numpuk. sekarang mozila sudah hampir senyaman chrom, cepatnya jg sudah meningkat tp aku sendiri masih belum sreg memakainya sebagai pilihan utama. ada sih memang kekurangannya yang membuatku belum memakainya terus menerus seperti chrom dan maxthon ini. nah itulah selera kan?

menutup postingan ini silahkan anda yang ingin mencoba maxthon klik saja tautan berikut. kecil kok hanya 30 an MB . bandingkan dgn chrom yg bisa sampai 190 MB :D

yang ingin mencoba Firefox terbaru silahkan tautan ini

berikut tampilan maxthon v 4 yg kupakai:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu kawan. makasih ya sudah mampir....