Jumat, 23 November 2012

mesjid as shiddiq bukit pinang bahari samarinda

dalam salah satu kesempatan ke borneo tepatnya ke samarinda aku berkesempatan beberapa hari mengunjungi sebuah mesjid di sebuah kompleks perumahan yang menurutku golongan menengah ke atas . ini penilaianku sendiri loh kalau melihat type dan bentuk rumah rumah yang ada. meski di salah satu blok nya kulihat rumah type sederhana juga ada.

baiklah kita lanjut tentang mesjid yang ingin kuceritakan. mesjid ini sebetulnya kecil saja kok. didalamnya sekira 10 X 8 meter. jadi anda bisa bayangkan hanya berapa shaf bisa terbentuk jika penuh .dan aku yakin andai penghuni kompleks ini yang muslimnya semua shalat jumat pasti akan meluber hingga ke jalan gang.

oh ya lokasinya yang berbukit menempatkan mesjid ini terletak begitu tinggi ,diujung gang dan seperti menggantung. halamnnya sekira 3meter menyambung bangunan, lalu melewati tepi jalan di sisi satunya. kuklira itu tandanya saat jumatan jamaah meluber hingga ke ujung jalan gang. semua ini ditutupi atap seng. lumayan adem saat siang . yah, tentu saja karena perbukitan dan anda tahu sendiri samarinda. kotanya meski saat cuaca panas tapi anginnya adem, membuat betah dan senang tinggal di kota ini.

nah, yang ingin kutekankan dengan cerita ini adalah fasilitas dari mesjid ini. saat pertama shalat kemari aku langsung terperangah dengan 'mewah'nya mesjid ini. anda bisa bayangkan dengan ukuran kecil segitu mesjid ini menempatkan 2 buah AC dinding di kiri kanannya. dan itu ditambah dengan kipas gantung yang bertebaran di dinding dan juga berdiri di depan shaf pertama. mesjidnya resik,cukup wangi ( kan biasa tuh ada mesjid bau karpetnya kadang tercium begitu kita baru masuk ^^) dan karpetnya pun tampaknya rajin di bersihkan . barangkali di vacuum juga.

dengan fasilitas mewah begitu aku mnembatin, yah maklumlah penghuninya disini toh orang kaya , melihat type dan besar rumahnya .....sekedar info tambahan , mesjid ini tak pelit untuk menyalakan Ac nya, dan jika perlu AC nyala dan kipas anginpun berputar hehehehe........mubazir??

hmmm, tergantung sih orang melihatnya. barngkali pengurus mesjidnya begitu karena melihat dari wartak jamaah, jadi itu sudah lumrah kukira kalau takmir adalah pelanyan jamah kompleks. bukankah mesjid ini bagus bgt juga karena dana amal dari warganya? jd kukira pada proporsinyalah mereka menghidupkan AC dan kipas sekalian  :D:D

sedikit kuceritakan kalau lahan untuk jamaah wanita hanya dibatasi kain putih yang mengambil tempat di slah satu pojok kirinya bagian belakang. barangkali hanya muat 6 orang dewasa perbaris dalam  3 shaf.

ah ya, lupa. dari mesjid ini naik sedikit sekira 20 meter tengah dibangun mesjid yang lebih besar. kalau melihat sekilas nampaknya masih mangkrak . bertingkat dan luasnya sekitar 4 kali mesjid ini. sayang sekali saat itu aku lupa memotretnya. dan tak ada juga yang bisa kutanyain tentang pembangunan mesjid 'raya' yang belum kelar ini. wujudnya sih saat aku kesana sudah terlihat . meski kubahnya belum terpasang.


oke deh capek aku ngetik. langsung saja kuupload foto foto mesjidnya.


ada yang tahu merek speaker yang tergantung itu? hehe..

maaf ya pak, anda kuabadikan :)

pusat kubahnya dgn gantungan lampu swarozky

full ac+ hehehe






plank nama mesjidnya

view depan dari jalan gang

1 komentar:

  1. Halo aku warga perumahan bukit pinang bahari. Wah aku iseng2 cari nama perumahanku dan ketemu deh artikel ini. Kalau boleh tau anda kok bisa mampir ke masjid (langgar) ash shiddiq? Aku kepo bgt ya hehe. But btw skrg langgar ash shiddiq udh jauh lebih bagus loh, lebih rapi, lebih adem. Dan oiya satu lagi, masjid besar yg sedang dibangun itu sudh bisa digunakan walaupun pembangunannya masih belum 50% tp lumayan lah bisa menampung jamaah lebih banyak. Kapan2 main2 lagi ya kesini😁

    BalasHapus

tinggalkan jejakmu kawan. makasih ya sudah mampir....