Jumat, 23 November 2012

mesjid as shiddiq bukit pinang bahari samarinda

dalam salah satu kesempatan ke borneo tepatnya ke samarinda aku berkesempatan beberapa hari mengunjungi sebuah mesjid di sebuah kompleks perumahan yang menurutku golongan menengah ke atas . ini penilaianku sendiri loh kalau melihat type dan bentuk rumah rumah yang ada. meski di salah satu blok nya kulihat rumah type sederhana juga ada.

baiklah kita lanjut tentang mesjid yang ingin kuceritakan. mesjid ini sebetulnya kecil saja kok. didalamnya sekira 10 X 8 meter. jadi anda bisa bayangkan hanya berapa shaf bisa terbentuk jika penuh .dan aku yakin andai penghuni kompleks ini yang muslimnya semua shalat jumat pasti akan meluber hingga ke jalan gang.

oh ya lokasinya yang berbukit menempatkan mesjid ini terletak begitu tinggi ,diujung gang dan seperti menggantung. halamnnya sekira 3meter menyambung bangunan, lalu melewati tepi jalan di sisi satunya. kuklira itu tandanya saat jumatan jamaah meluber hingga ke ujung jalan gang. semua ini ditutupi atap seng. lumayan adem saat siang . yah, tentu saja karena perbukitan dan anda tahu sendiri samarinda. kotanya meski saat cuaca panas tapi anginnya adem, membuat betah dan senang tinggal di kota ini.

nah, yang ingin kutekankan dengan cerita ini adalah fasilitas dari mesjid ini. saat pertama shalat kemari aku langsung terperangah dengan 'mewah'nya mesjid ini. anda bisa bayangkan dengan ukuran kecil segitu mesjid ini menempatkan 2 buah AC dinding di kiri kanannya. dan itu ditambah dengan kipas gantung yang bertebaran di dinding dan juga berdiri di depan shaf pertama. mesjidnya resik,cukup wangi ( kan biasa tuh ada mesjid bau karpetnya kadang tercium begitu kita baru masuk ^^) dan karpetnya pun tampaknya rajin di bersihkan . barangkali di vacuum juga.

dengan fasilitas mewah begitu aku mnembatin, yah maklumlah penghuninya disini toh orang kaya , melihat type dan besar rumahnya .....sekedar info tambahan , mesjid ini tak pelit untuk menyalakan Ac nya, dan jika perlu AC nyala dan kipas anginpun berputar hehehehe........mubazir??

hmmm, tergantung sih orang melihatnya. barngkali pengurus mesjidnya begitu karena melihat dari wartak jamaah, jadi itu sudah lumrah kukira kalau takmir adalah pelanyan jamah kompleks. bukankah mesjid ini bagus bgt juga karena dana amal dari warganya? jd kukira pada proporsinyalah mereka menghidupkan AC dan kipas sekalian  :D:D

sedikit kuceritakan kalau lahan untuk jamaah wanita hanya dibatasi kain putih yang mengambil tempat di slah satu pojok kirinya bagian belakang. barangkali hanya muat 6 orang dewasa perbaris dalam  3 shaf.

ah ya, lupa. dari mesjid ini naik sedikit sekira 20 meter tengah dibangun mesjid yang lebih besar. kalau melihat sekilas nampaknya masih mangkrak . bertingkat dan luasnya sekitar 4 kali mesjid ini. sayang sekali saat itu aku lupa memotretnya. dan tak ada juga yang bisa kutanyain tentang pembangunan mesjid 'raya' yang belum kelar ini. wujudnya sih saat aku kesana sudah terlihat . meski kubahnya belum terpasang.


oke deh capek aku ngetik. langsung saja kuupload foto foto mesjidnya.


ada yang tahu merek speaker yang tergantung itu? hehe..

maaf ya pak, anda kuabadikan :)

pusat kubahnya dgn gantungan lampu swarozky

full ac+ hehehe






plank nama mesjidnya

view depan dari jalan gang

Kamis, 15 November 2012

mesjid agung semarang

bismillah,

akhirnya salah satu keinginan lama untuk berkunjung ke mesjid agung semarang dapat terlaksana kemarin. sungguh menggembirajkan ya apapun itu namanya sebuah keinginan /niat dan akhirnya tercapai wuiiihhh........Allah memang Maha Mengerti disaat mana keinginan kita mestinya layak terkabulkan. 

rabu 14 november 2012 siang terik cuaca kota semarang. siang kalau bukan panas begitu bukanlah kota semarang namanya. karena lanskap kota yang bertepi pantai dan berbatas pegunungan maka sudah dapat di ketahui kalau siang jika tidak hujan cuaca panas adalah hal seheari hari. dan kalau malam cuaca dinginnya begitu menggigit meski tidaklah sedingin bandung atau kota kota yang memang lanskapnya pegunungan saja. 

jadi begitulah siang terik itu aku pelan pelan menyusuri kota . kebetulan aku selesai main ke pertokoan di areal simpang 5, jadi terus saja lurus ke barat, tak belak belok hingga ketemu supermarket Lotte baru belok ke kiri di lampu merah depannya. mudah mencarinya jika berpatokan dari pusat kota simpang 5. dari supermarket lotte ini sekitar 2 km lebih berdiri gagah di selatan jalan 'madinah mini ' mencuatkan kemegahannya dengan menara setinmnggi 90 meternya. 

siang itu tak begitu ramai pengunjung. barangkali memang karena jam jam segitu belum masanya banyak pengunjung. usai parkir, dengan biaya parkir seikhlasnya ( aku bawa sepeda motor ) kita diberi struk karcis dengan no polisi kendaraan kita tertulis spidol. andai anda berkunjung kesana ingat karcisnya jangan di buang :)

sayang sekali aku lupa mencatat data datanya mengenai luas dan gedung gedung apa saja yang ada di komplek ini. yang bisa kukatakan adalah ada dua genuyng utama selain mesjid yang menga[pitr kiri kanana nya. yang kuingat yang sebelah kiri ,selatannya adalah gedung serba guna ( conference dan kegiatan formal meeting lainnya. tentu saja ini pasti bisa disewakan asalah konteks materi konferensi nya tidak bertenatnagan dengan keberadaan mesjid sebagai syiar islam.  lalu gedung sebelah utara kulihat beberapa nama organisasi, ornmas, juga organisasi semacam pemuda muslim, dan semacamnya. kurasa itu tak perlu detail kuceritakan karena aku ingin lebih mencertiuakan mesjidnya. 

pintu masuk mesjid ini adalah dua buah tangga utara selatannya yang mengarahkan kita ke plasa depan mesjjid yang begitu luas. nah plasa inilah rasanya yang menyebabkan kenapa mesjid agung smearang ini dikatakan madinah mini.  berlantai marmer ukuran sekitar setengah kali satu meter dengan 6 payung menghiasi dan tiang tiang yang membentuk setengah lingkaran yang mengingatkan aku pada benteng benteng khas kaisar romawi ataukah dari sisa sisa peninggalan yunani kuno. eh kenapa aku jadi ingat komik asterix ya? heheheh......

payung ini kukira replika payung di madinah , mesjid nabawi yang di rancang oleh seorang bule mualaf dari jerman. payung ini sebagaimana info yang kudapatkan hanya di buka saat jumatan (tentunya karena hari yang panas ) dan saat hujan ( tentunya jika saat itu plaza tengah ada jamaah yang shalat hehehe....

tapi kemarin itu ada serombongan bus besar entah dari aman saat mereka kumpul diplaza payungnya dibuka 2 buah. sayangnya aku saat itu melihatnya pas sudah diatas motor arah pulang dan lagi antri di pintu keluar . jadi ga sempat motretnya hehehe...

oh ya sedikit tips jika anda naik ke mesjid disaat siang hari dan pans terik, dan kebetulan pakai sepatu agar tidak membuka kaosnya . lantai plaza akan serasa memanggang telapak kaki anda saking panasnya. apalgi anak undakan pertama hingga pintu mesjid lumayan banyak. hanya saran,tapi jika anda ingin merasakan sensasi' pijat alam mentari 'ya monggo sakersane :D:D

lanjut, lihat lihat sebentar aku lalu cari wudhu untuk shalat dulu. tempat wudhunya turun dua lantai . ada tangga di kedua pojok belakang lantai utama mesjid. masing masingnya adalah jalur pria dan wanita. secara umum kebersihan lantainya masih belum maksimal karena kupikir dari merasakannya kita tahu lantainya tidak dia pel tiap hari. tapi lantai mesjidnya lumayan licin.  nah usai shalat kusempatkan ambil beberapa photo. 



kebetulan lagi ada renovasi pengecatan ulang diorama kubah bagian dalamnya. memang sudah nampak kusam warna catnya. hmmm.....pekerja nampak masih menyambung rangkaiana besi kerja . saat kuambil gambarnya mereka belum sampai di area kubah. tingginya naudzubillah.......barangkali ada 30 meter atau lebih? yang jelas cukup tinggi. nah persis di tengah tengah kubah tertulis syahadatain dengan warna emas melingkat tepat di titik pusatnmya. 

toilet berdiri dua bariis 

toilet pria dua lajur saling berhadapan

wudhu duduk, jarak lutut begitu dekat dengan tembok


kamar manditoilet ? VIP hehehe...... 

deret trerpanjang jejeran kran air (30 biji) dan 4 baris lainnya masing masing 8 biji belum ditambah wudhu duduk

tangga turun dari lantai utama mesjid ke basement 

penampakan lantai utama mesjid dari pojok belakang.
mesjid ini sepertinya mengambil falsafah mesjid demak. memakai 4 soko guru ( maaf tak ada waktu menjelaskan apa artinya 4 soko guru ^^) sepertimana mesjid agung demak. salah satunya dipakai untuk lift yang mengarah kelantai basement dimana terletak kantor pengurus mesjid,radio,kantor mui,arcade kedatangan tamu, toilet,wudhu dan lainnya. apesnya saat memindahkan file file gambar banyak yang terhapus. padahal disanaloah aku banyak mengambil gambar.  dan ini sebaigian yang masih ada. 

oh ya seperti kebanyakan mesjid berlantai lebih dari satu umumnya lantai dua sepanjang sayap dan bagian belakang diapakai untuk jamaah wanita. begitupun dengan mesjid agung ini. hanya penambahan satu lantai dan seperti baisanya itu baru berfungsi jika jamahnya banyak/jumatan/ada acara keagamaan lainnya yang mengakibatkan lantaii utama tidak mampu lagi menampung jumlah jamaah. 

lanjut aku pergi ke bagian mimbar. cukup kreatif mimbar khotbahnya seakan mengapung di tembok. maksudnya salah satu sisi tembok di lobangi lalu dibuatkan meniru mimbar untuk khatib. kubayangkan tidak semua juga mampu melihat posisi khatib karena posisi berdirinya juga agak menjorok ke dalam. gambarnya saja deh yg bicara :)

tempat khatib yg seakan mengapung di tembok


tangga naik ke mimbar
diatas sudah kusinggung 4 soko gurunya yang mana salah satunya dipakai jalur lift. lalu lainnya karena terkunci kupikir dipakai gudang atau sejenisnya :D
tiang lainnya berjejer sepanjang sisi utara selatan lebih kecil dengan masing masinghnya di letakkan kipas angin. mesjid ini nampaknya memang tidak menggunakan ac. kurasa memang tepat karena toh juga sirkulasinya cukup bagus mana lagi ditambah dinginnya marmer lantai , brrrr.....

anda bisa perhatikan rangka atapnya mengikuti kekokohan rangka bangunannya. rangka usuknya memakai besi bulat yang kutaksir dengan melihatnya dari bawah berdiameter 3 inch.

terakhir adalah qur'an raksasa. qur'an ini berupa sumbangan amal dari sebuah universitas dan di taruh dalam kotak kayu jati berfurnish yang selalu terkunci. anda bisa lihat data data spek nya dan nama penyumbangnya.  info yang kudapatkan dari Bpk Zainuri, yang saat itu tengah membersihkan kotaknya qur'an ini jarang dibuka kecuali saat ada hajatan tertentu







terbuat dari sejenis kertas manila dan penutup kotaknya itu sekaligus berfungsi sebagai alas saat qur'annya di kembangkan. 

tak lengkap rasanya kalau ke mari tak naik ke menaranya. nah sekedar info tiket naik ke menara adalah 5 ribu. anak 3 tahun keatas tetap kena biaya. lalu jam bukanya .......hmm otakku mulai melupakan jam yang tertera  hehehe. tapi yang jelas mulai melayani pengunjung saat jam kantor sekitar jam 7.30 hingga sore, rasanya skitar jam 5 . 

menara ini setinggi 90 meter dan kita bisa melihat kota semarang dari atas. lanskap yang unik perpaduan hamparan perumahan ,persawahan (disekeliling kompleks mesjid ) dan lanskap perbukitan nun jauh di timur sana . kupikir salah satunya adalah daerah gunung pati, lokasi tempat tinggal anak gadisku. oh ya menara ini mungkin bagus buat menghilangkan sifat bagi yang takut dengan ketinggian. lagipula sekelilingnya di tutup pagar besi putih dengan kokoh.  ini fotonya :






kurasa capek juga baru nulis segini . baiknya sisa foto diupload saja biar anda bicara dan berimajinasi sendiri dengan foto fotonya. banyak maaf sebelumnya fotonya tak begitu bagus hasilnya. maklumlah pakai hp :D:D










Selasa, 06 November 2012

awal mula

sekitar 5 bulan adalah waktu menunggu hingga anakku bernagkat ke Jepang ini. ya, aku masih ingat saat itu. malam malam dia datang ke tempatku menjaga dagangan dan mengabarkan berita yang pastinya begitu membahagiakannya. itu kulihat dari roman mukanya yang cerah dan tersenyum lain dari biasanya.

mendekat dia langsung berkata. pak, nenok lulus.........

karena belum ngeh apa maksudnya aku diam. yang kutahu selama ini adalah dia sudah dua kali mengikuti test berkaitan dengan bahsa jepang, study yang dia ambil di kampusnya. masih sambil sibuk aku membatin , alhamdulillah. lalu kutanya balik, lulus yang mana?

dia lagsnung mengambil mouse yang msih digenggamanku. tangannya cekatan mengarahkan cursor dan mengetik situs kampusnya. log in dan password lalu dia tunjukkan sebuah pengumuman yang begitu melegakan saat benar benar kubaca: ...... Dyah Asih Pramawita......... nama itu terselip jelas dan paling mencolok karena font nya besar sendiri, di sebuah pengumuman yang diperlihatkannya.

kuulang lagi membacanya seakan tak percaya yang ditunjukkannmya. kami tersenyum bersama. alhamdulillah....................

itulah saat sekitar beberapa bulan lalu yang akhirnya kemarin hal itu terlaksana. anakku mendapatkan beasiswa belajar dari Japan Foundation ke Jepang. meski singkat hanya 2 bulan tp itu sungguh bermanfaat dan banyak sekali tentunya pengalaman yang akan didapatkannya.

sebagai orang tua, aku paling hanya bisa berterimakasih pada Rabb pemilik hidup. karena hanya Dia lah yang kuasa menentukan apa dan bagaimana kehidupan ini bergulir, siapa  yang layak bagiNya mendapatkan rezeki diantara ratusana peminat , seperti kasus anakku.

alhamdulillah kurasa  hanya bersyukur dan tetap memohon adalah itikad terbaik pada Nya, sebagai ungkapan terimakasihku.

gadisku terbang jauh

hari pertama anakku pergi kenegeri seberang. meski sudah biasa pergi pergi tapi kepergiannya kali ini serasa beda. ya selama ini paling jauh perginya adalah jakarta , lombok dan seputaran jawa timur. itupun kebanyakan karena berkaitan dengan statusnya sebagai mahasiswi dan atau dengan teman temannya.

kepergiannya kali ini sungguh berbeda disamping karena ke negeri seberang ( jepang ) terbetik juga sedikit kerisauanku . entah apa penyebab pokoknya tapi aku memang sedikit risau dengan kepergiannya sekarang. dan barangkali sms nya tadilah yang membuatku begitu.

tadi dia sms mengatakan kalau hp nya tak bisa digunakan, tak bisa bbm an. sedikit senyum melentik di ujung mulutku membaca kesedihan dan kekonyolannnya di sebaris kalimat yang dia kirim.

sebelum berangkat sebetulnya aku sdh berpesan kalau di jepang itu hp mu nanti ga bisa digunakan. karena disana pake  jaringannya CDMA. namanya remaja  sekarang apalagi anak tunggal, entah masuk entah tidak omonganku hehehe......

alhamdulillah, hingga saat ini segalanya lancar. was was ku sejak keberangkatannya sedikit demi sedikit mulai sirna. maklumlah ini adalah kepergiannya pertama kali dengan dia sendiri yang mengurus segala macam nya di bandara. mulai dari check in , cara transit dan apa dan bagaimana nya naik pesawat ke luar negeri. sebelumnya dia paling naik pesawat ke lombok dan itupun tak perlu urus segala macam , tinggal naik dan duduk manis :)

hari pertama dan aku belum menanyakan bagaimana makannya? tempat tinggalnya? kampusnya? temannya? itu nantilah kutanyakan. setidaknya aku mengerti hanya sms tempat kami berkomunikasi dan aku tak ingin mengganggu tugas tugasnya selaku mahasiswi undangan. baru kusadari jeleknya karena kami tak saling kontakan di FB:D:D