Selasa, 06 Desember 2011

jakarta satu malam 1


jam masih menunjukkan pukul 10 malam kurang. bus Nusantara yg kutumpangi mulai bergerak perlahan meninggalkan ruah makan Sari Rasa . sebagai penumpang "gelap" aku cukup lumayan dapat kursi paling belakang. dua malah. kupikir enak nanti pake tidur melintang.

bus penuh. nampaknya semua dari terminal asal, kudus. dan semua arah Jakarta seprtiku. yah, inilah awal perjalanan semalam ke Jakarta. cukup lama tidak merasakan 'journey' seperti ini. mungkin 3 tahunan.

Bus yang masih baru ini bergerak mulus. sebentar sebentar rem anginnya mendesis desis. nyaris tak begitu terasa goncangan saat melewati jalan jelek berlubang atau bergelomkbang. suspensinya betul betul empuk tpi tidak lembek. pantesanlah di body depannya tertulis besar : AIR SUSPENSION.

segera aku bersiap menata diri untuk tidur. ternyata 2 kursi yang kududuki cukup sulit untuk mendapatkan posisi enak berbaring. kursinya tidak bisa di rebahkan kebelakang. karena persis dibelakangku tempat tidurnya 'co driver', sopir serep ^^

bus terus bergerak. dengan desisan 'ular' nya sesekali dan ditimpali lenggokan menikungnya yang lembut. rasanya matakau sudah terpejam saat kudengar kegaduhan di bagian depan. begitu terbangun dalam keadaan lampu kabin masih temaram ada perkelahian di depan. entah siapa dengan siapa. yang kupikir adalah kernet dengan sopir . ternyata setelah terdiam sejenak memperhatikan baru kurasakan bus sudah berhenti. sementara di depan mobil truk jenis box container menghalangi persis di depan hidung bus yang kutumpangi. akhirnya aku baru tersadar kalau ini ada hubungannya dengan truk yang melintang depan bus dan masih di tengah jalan.

lalu lintas macet. perkelahian itu sebentar nya masih berlangsung. nampak dalam keremangan seseorang mencoba melerai. beberapa penumpang juga kulihat berbuat sama. edan.

tanya tanya akhirnya ngerti apa yang terjadi. ini adalah egoisme seorang sopir. entah sopir bus malam atau pun sopir truk. kurasa dimana mana hampir sama jiwa dan emosi seorang sopir. cukup dekat dengan arogansi dan sikap tak hirau dengan yang lain.

jadi begitulah permasalahannya adalah soal salip salipan. tak mau disalip tapi ga mau minggir. atau nyalip tapi membahayakan posisi yang disalip. nah kebetulan bus yang kutumpangi ketemu sopir truk yang emosinya begitu garang. tampangnyapun cocok dengan jiwa itu. hanya pakai singlet, baju kaosnya malah disampirkan dileher dan celana panjang tapi ujungnya digulung.

urusan akhirnya panjang karena kernet bus yg mendahului jalan dengan naik mobil yang lewat sudah mencegat di depan polsek Gringsing. rupanya dia lapor dan mengadukan penganiayaan ini. cukup lama urusan ini selesai. untungnya hari sudah malam dan kantukpun mendinginkan perasaan menunggu. sebagian besar dengan kesabaran ( entah benar sabar atau karena keadaan ) memilih menunggu sambil tidur. akupun tak beda. lewat setengah jam belum ada tanda tanda selesai urusan di polsek , kutinggal tidur. bangun bangun bus sudah mulai bergerak. sekitar satu jam lebih , saat itu jam menunjukkan pukul 11.25. tak ada informasi lagi bagaimana penyelsaiannya. apakah damai atau di tindak lanjuti hingga ke pengadilan.

kalau menarik kesimpulan kurasa dua duanya perlu ditatar. karena bagaimanapun ini adalah kesalahan mereka berdua. hanya mengndalkan besarnya body mobil seorang sopir , utamanya sopir bus sering berlaku meremehkan pemakai jalan lainnya. aku sendiri beberapa kali saat membawa mobil, suka di "beam" atau di klakson berkali kali hanya agar minggir karena mereka akan lewat. msalahnya adalah jika kondisi jalan belum memungkinkan untuk disalip tapi mereka ngotot . inilah yang suka membuat kita pemakai jalan lainnya keki dan jengkel sama bus bus arogan dan semau gue. memang tak semua sih. tapi begitulah umumnya kondisi bus bus malmm. aku sedikit menyinggung truk karena melihat muatan yang dibawa mereka umumnya tak akan menyalip dan berlari kencang seenaknya. cuma nybeleinnya mereka tak mau jalan di kiri , pasti di tengah dan susah sekali minggir sedikit saat kita mau nyalip.

so?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu kawan. makasih ya sudah mampir....