Selasa, 20 Desember 2011

azan

Sebagai orang yang belakangan mengenal islam barangkali kami sama sikapnya dalam melihat sebuah 'kelalaian'. sudah lama sebetulnya aku menggaris bawahi suatu kebiasaan yang bagiku kurang baik di mesjid kampung tempatku tinggal.

adalah suatu hal biasa jika azan selalu telat . kukatakan telat jika kita mengacu pada jadwal jam jam masuk waktu shalat yang nyata nyata telah dipasang di tembok mesjid dan disamping 'mic'. bagiku keterlambatan jika hanya beberapa menit , misal 2 menit itu masih wajarlah , tapi sudah bukan hal yang wajar lagi jika keterlambatan itu sudah sampai 10 menit - 15 menit dan bahkan beberapa kali kudapati hingga hampir setengah jam. ini bukan lagi masalah ketaksengajaan tapi kebiasaan yang sungguh buruk bagiku.

mari kita beropini begini. dikampung seperti tempatku ini tiap tiap dusunnya biasanya selalu punya mushalla. jadi hal yang absurd kalau mereka sudah azan dan di mesjidku malah tanpa malu malu jauh dibelakang baru azan. lalu bayangkan jika warga ada yang melakukan puasa sunah, apa yang terjadi jika di kejauhan dia mendengar azan lalu buka puasa dan selang beberapa menit kemudian eh, dia dengar lagi azan di mesjid kampungnya. bagiku sendiri tak mau pusing pusing dengan hal ini. tentu saja aku akan berbuka begitu kudengar azan , meski dari kampung sebelah dan sayup sayup sedang azan di mesjidku malah belum terdengar.

sekali aku pernah protes keras sama orang yang paling sering jadi muadzin. o ya, mesjidku ini pada dasarnya tak punya muadzin tetap. jadi begitulah siapa yang pas datang duluan dan berkenan itu yang azan. itupun kalau dia tahu sudah masuk waktu. kukatakan saat itu , bahwa seharusnya lah kalau sudah waktu agar segera azan. perkara warga belum mau datang ya itu sih persoalan mereka. kita bukan nunggu warga agar bisa berjamaah, dengan mengorbankan hukum hukum dari azan itu sendiri. justru warga lah yang memerlukan kepastian mendengar azan tepat waktu. kalau toh ga ada atau hanya segelintir yang datang berjamaah harusnya itu bukan persoalan. itu sudah urusan masing masing pribadi dengan Allah.

yang paling sering dan seperti ga bisa di ubah adalah azan jumat. bisa dikatakan selalu telat setengah jam. ( mesjidku ini pake azan sekali saat jum'at ) selalu karena selalu berpatokan khatib itu mulai berkotbah jam 12 . hal ini didukung oleh "malasnya"para khatib yang mendapat tugas untuk datang tepat waktu. rqta rata mereka datang 5 menit mau khotbah. dan itu jam 11. 50 ke atas. padahal azannya jam 11.28( saat kutulis blog ini azan disini sudah masuk 11.39 ). dan diperparah lagi dengan kebiasaan warga yang juga baru berdatangan saat saat khatib mau khotbah ...... kurasa ini sudah kebiasaan jelek yang kronis heheheh.....

Note: draft sekian tahun yg baru di 'release' ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu kawan. makasih ya sudah mampir....