Senin, 12 September 2011

donor darah


besok saatnya donor..
ada yg suka donor?
mari kita saling berbagi seperti apapun kemmapuan yg kita bisa
jika anda dapat rejeki itu sudah mutlak anda harus menyisihkan sedikit karena yg sedikit itu  bukan hak kita. itu hak mereka , kaum papa, yatim dan miskin lainnya. kita hanya bisa menampungnya seiring rejeki yang kita dapatkan.
kadang kala orang taunya berbagi itu hanya mslah rejeki, dalam artian uang. padahal yang namnya rejeki itu tentulah bergam.

sehatpun adalah rejeki yang kita dapatkan. nah bagaimana membagi rejjeki sehat ya? bagaiman menurutmu? apakah dengan memanfaatkan jiwa dan badan yang sehat untuk kegiatan bermanfaat sudah bisa di katakan berbagi? kegiatan yang secara langsung dan tikdak langsung berefek pada orang orang sekitarnya? ya! itupun bagiku sudah bisa dikatakan berbagi.

bayngkan anda yang sehat melkukan amal kebaikan misal dengan bergotong royong di desa, belajar dengan baik, entah belajar dalam artian formal maupun non formal, dan atau berkelalkuan baik lainnya

kebetulan aku sendiri baru bisa berbagi dalam hal mendonorlkan darah saban 3 atau 4 bulan sekali. anda pernah berdonor? kesan kesan baikkah yang anda dapatkan hasilnya setelah itu? ataukah anda merasa menyesal karena anda merasa pusing dan sempoyongan setelah mengikuti donor darah? hehehe....

berbagi pengalaman donor , aku kebetulan mau donor yang ke 27 kali.
aku ingin memberi atau mengingatkan kembali agar dalam berdonor anda mengetahui hal hal berikut:
- sebaiknya tidak bergadang sehari sebelum donor , karena ini akan berefek pada tekanan darah anda yang turun. maknya anda jd lemas, pucat dan lesu karena kurang tidur
- makanlah minimal sejam sebelumnya
- jika anda mengidap sakit, sebaiknya tidak melanjutkan sebelum anda sembuh benar. jangan ngotot mau donor karena akan berefek pada kondisi tubuh anda dan darah yang di donorkan tidak bagus.
- darah anda akan diambil sebanyak 250 CC, jd bagi yg belum terbiasa dianjurkan untuk tidak langsung bangun dari tidur begitu selesai donor. biasanya anda akan merasa sempoyongan atau pusing kalau langsung bangun begitu jarum dicabut dari lengan.
- jika anda rutin donor salah satu efek yang bisa anda rasakan adalah badan yang sptnya bgt "ringan". ibaratkan badan ini adalah sebuag mesin jd karena rutin di ganti olinya tentunya mesin akan jd lebih awet dan kerjanya lebih ringan dan fresh hehehe.....pengandaiaannya malah disamakan dengan mesin. mesin manusia kaleee^^
nah sdhkah anda jadi donor?
- jangan takut anda kekurangan darah. begitu anda selesai donor secepat itu pula sel sel darah kita memperoduksi darah baru mengganti darah yang kita donorkan.

nah ada yg punya pengalaman lebih yg bisa diceritakan tentang penglaman donor darah?' share' juga ya?

*belajar coretan ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu kawan. makasih ya sudah mampir....