Rabu, 14 September 2011

ceritanya zy

semua kesulitan yang kujumpai dalam keseharian adalah cobaan dariNya. aku selalu beranggapan saban mendapat kesulitan mestinya ada yang salah sebelumnya . mungkin sikapku tertutama dalam berlaku sebagai hambaNya, mungkin ucapanku,atau mungkin pikiranku yang tanpa sadar bertentangan dengan apa yang menjadi perintahNya.

cobaan cobaan itu kuyakin menyasar beberapa hal dalam kaitan sebagai 'manusia' . karena sebagai manusia , dan apapun selama masih bernama manusia tentu lah kita punya emosi,nafsu. besar kevcilnya tentulah juga tergantung dengan ketakutan seseorang akan akibat yang ditimbulkan bila memanfatkan emosi dan nafsu dengan serampangan dan tidak pada tempatnya. eh ini mau cerita apaan ya zy?

sejak jumat kemarin ( 28/5 )rasanya hati zy sangat di tarik oleh kekuatan emosi. emosi ini kukatakan emosi tingkat tinggi karena begitu menguras kekuatan kesabaranku.
berawal dari kamis malam. kompi tiba tiba tidak bisa menampilkan display. aku tadinya berpikir ah biasa itu karena kemarin kemarin juga agak lemot menampilkan displaynya. tapi begitu berjalan 5 menitan tidak juga nampak menu display di monitor aku mulai sedikit curiga.

kuperiksa dari awal. Led power menyala, meskipun led HDD kadang tidak menyala. kurasakan dibelakang power suplay ternyata ada hembusan angin, berarti PS nya normal. kurasakan body case, ada getaran yang menadakan kompi memang hidup.

tapi mana dispaly nya kok ga keluar ? lihat UPS normal kok. stavol juga normal. belakangan kulihat led nya monitor kedap kedip, tidak diam seperti normalnya. nah dari sini aku mulai punya rasa takut kalau kompi ada apa apanya.

coba restart tapi juga tidak berhasil. dan begitulah akhirnya lepas maghrib kemis malam aku tidak bisa lagi online. duh. ada apalagi ini?
besoknya jumat kubawalah ke tukang service di kendal. dua temnpat kudatangi dan dua duanya mengatakan kalau mainboard nya yang mati. waduh,ini kok ketiban mainboard terus yang bermasalah.  baru seminggu sebelumnya aku ambil laptop anak yang kena mainboardnya. saking mahalnya ( 3,5 juta) akhirnya aku urung memperbaikinya. kalau toh punya uang segitu mending belikan netbook baru sudah dapat yang bagus.

                                        II

nah jumat itu aku coba bawa ke tokonya di semarang tempat asalnya beli kompi.begitu lepas bundaran A Yani dan lewat sekolah Al Azhar,motor tiba tiba bergetar dan oleng jalannya.
langsung kutahu kalau bannya bocor.

anehnya kejadian itu , pas aku dihentikan oleh ban bocor kok ya pas di seberang masjid. masjidnya ada dikomplek asrama angkatan laut.pas juga adzan jumat berkumandang. dan pas juga 10 meter di depan ada  tambal ban. wah aku jadi ngomong sendiri: ya Allah kupikir ini adalah petunjuk ataupun peringatan dariMu agar aku saat ini juga mengarah ke mesjid untuk jumatan.

sebetulnya aku sudah niatan mau jumatan di daerah sampangan. sekitar sekilo lagi. karena aku mau sekalian mampir ke kos anak.toh aku sudah lihat jam tangan dan yakin masih bisa dapat khotbahnya. tapi ya akhirnya niat manusia tak ada gunanya kalau Dia sudah berkehendak.

motor dan kompi kutitip sekalian di tempat tambal ban. ada sebenarnya sedikit ketakutan kalau kalau terjadi sesuatu karena kunci kontakpun kucantelkan di motor. tapi akhirnya bismillah saja. ini toh hari jumat. hari yang begitu diagungkan bahkan karena begitu banyaknya kejadian yang terjadi disaat jumat. kelahiran nabi Adam,diturunkan ke bumi,wafatnya dan hari kiamatpun kelak akan terjadi hari jumat!



                                     III

keluar dari mesjid ealah ternyata kok masih belum kelar juga tambalnya. masih dipanaskan. dari situ sebetulnya sudah ada perasaan ga enak terkait penilaianku dengan tukang tambal bannya. tunggu 10 menit akhirnya api mati dan ban sudah tertambal. tapi...
"eh mas kok ga diperiksa dulu di air? kenapa langsung mau dipasang? kan bannya masih panas tuh" sergahku cepat. aku makin geregetan melihat hasil tambalannya compeng begitu. begitu dia tes kasih angin dan masukkan ke air ...bluk,bluk,bluk....suara angin dari ban yang bolong meninggalkan gelembung dipermukaan air.

"tuh kan, kenapa ada bolong lagi? tadi memangnya ga diperiksa di air?"salakku nahan dongkol.astaghfirullagh...baru juga habis jumatan .
"tadi sudah di periksa tapi tidak ada? "jawabnya lembek.
" kalau memang tidak ada berarti cara nambalnya dong yang ga bener. "
aku jadi sewot begitu tahu bukan satu saja bolongnya yang nampak lagi. tapi dua!
lah, jangan jangan aku ini di kadalin sama tukang ini. tadi saat jumatan siapa tahu dia kerjain banku ( ban agak baru dan baru tertambal satu tempat) . kalau begini tidak bisa tidak aku harus beli ban baru dong? doh! sungguh sewot bener rasanya.

sambil nahan emosi aku minta agar diganti ban baru.
dan seperti kataku di atas , disinilah emosiku sangat sangat di kuras dan di benturkan dengan kesabaranku. coba pikir. sambil ngomong tak henti aku malah kasih tahu cara cara masang  dan ganti ban. masa tukang tambal ban tidak tahu arah membuka kunci? masa sampai aku yang ngajarin? duh gusti.sampai buka as roda dan cara masang kembali aku terus ngedumel.

aneh ini. mungkin sebentar lagi itu tukang tambal ban bisa terkencing kencing karena aku plonco. aku tak segan ngomong ke dia kalau dia harus belajar lagi cara cara masang ban. wong tambal ban kok malah diajari sama pelanggan. apa ga lucu begitu?

mana mahalnya lagi. 36 ribu. untungnya aku akhirnya ngomong sendiri lagi.
 ya Allah, kok beruntun begini ujiannya hari ini?
tolong ya Allah, tumbuhkan batas sabarku ke tingkat paling subur dan tinggi.
 jangan sekalipun Engkau ajak hatiku untuk beralih dari mengingatMu.
jangan sekalipun engkau alihkan hatiku hanya untuk mendapatkan kesenangan sesaat tetapi berpaling dari hanya memohon padaMu.
tidak ya Allah. aku ingin tetap menjalani sisa ujian yang Engkau beri hari ini.
aku ingin tetap menjalani hingga aku dapatkan keberhasilan dari upah sabarku, rahmatMu.

dan sampai di toko komputernya ternyata malah tutup. aku sih juga ga terlalu berpikir kalau tokonya orang chinese dan jumat ini kebetulan hari  waisak. tentulah mereka tutup.

belum bersih betul doaku di tambal ban dapat lagi hal begini, tokonya tutup. seketika baru merasa betapa capeknya sekujur badan. panas terik jam 1 siang.

kusempatkan sms anak di gunung pati kalau sepertinya aku ga jadi mampir ke kosnya. lesu dan lunglai rasanya badanku tiba tiba. tapi untung masih sempat terpikir bahwa ini juga rentetan ujian yang tengah diberikan padaku olehNya.

                                         IV

sabtu pagi aku berangkat lagi ke semarang bawa kompi. mumpung ingat aku sempatkan nelpon ke tokonya. tapi nadanya ga pernah tersambung. ada dua nomor yang satunya malah terjawab kalau nomor itu lagi belum dipasang! wah bagaimana toh. telkom? telpon jelas jelas sudah terpasangkok malah 
autamatic answer nya ngejawab lain? atau ini juga salah satu ujian kecilku hari ini? kucoba beberapa kali lagi tapi ga berhasil. ya sudah . bismillah saja. sudah di Cepiring juga ini. nanggung. sekalian capek, kupikir. maka akupun terus mengarah ke semarang. pada anak kukatakan tokonya mungkin buka. optimis aja, padahal dalam hati ada perasaan pesimis. terbayang lagi kejadian kemarin panas terik, tokonya malah tutup.

kali ini aku lewat bundaran tugu dan langsung belok kiri dari ujung jalan Suyudono. alhamdulillah, tokonya buka. plong! capek dan penatku sejak kemarin seakan musnah sebagian.
kompiku sebetulnya dapat garansi setahun seperti yang tertulis di nota pembelian,dan baru terpakai  7 bulan,tapi anehnya tokonya mengatakan kalau waktu perbaikan nya perlu sebulan minimal. jadi kompi harus ditinggal di sana.

ah yang bener saja. entahlah dalam keadaan nelangsa begitu aku tidak kepikiran untuk protes karena jelas tertulis kalau dapat garansi setahun. dan lagi kalau mainboard yang bermasalah/ mati tentulah harus diganti, ga mungkinlah di perbaiki. pikiranku ngomong begitu tapi ya Allah kok aku hanya diam saja.

toko akhirnya menawarkan tukar tambah. mungkin melihat aku lama bengong. saat itu dikepalaku tengah terpikir ini toko kok lancung apa gimana ya? wong jelas jelas tertulis mainboard dan DDR 2 di beri kurung kurawal dan ditulisi setahun. ah pusing malah aku jadinya.

saat kutanya aku nambah berapa dibilang setengah harga lagi. jadi aku nambah lagi 275 ribu. ya sudahlah. otakku sudah ga bisa lagi mencerna kejadian hari ini. aku ingin cepat saja berlalu. akhirnya ganti baru dan tanpa ngomong apapun aku langsung pergi. tanpa terimakasih, tanpa pamit, tanpa senyum. sedikit kerasa gelo hatiku.

ya Allah ini hari hari yang begitu menguras energi,emosi,kesabaran dan daya tahan pisikku.
sekarang alhamdulillahsudah baik . nyatanya sudah bisa online dan mosting kan? terimakasih telah membaca tulisan yang ecek ecek begini. kuberi upah mau?
nih: ^____________^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu kawan. makasih ya sudah mampir....